HMPS TI dan BEM FTI Adakan Seminar Nasional Big Data Data Mining dan Machine Learning Pada Social Me


Image



Yogyakarta, 17 Desember 2018 - Potensi Big Data di era industri 4.0 saat ini begitu mempesona. Berbagai hal termasuk dalam dunia bisnis bisa dimaksimalkan memanfaatkan kemajuan teknologi tersebut.

Hal inilah yang kemudian coba ditangkap Himpunan Mahasiswa Program Studi Teknik Informatika (HMPS-TI) bekerjasama BEM (Badan Eksekutif Mahasiswa) Fakultas Teknologi Informasi Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) dengan mengadakan seminar dengan tema Big Data - Data Mining & Machine Learning Pada Social Media, di Auditorium Kampus 3 Condong Catur Ringroud Utara Yogayakarta, Senin (17/12/18).

Seminar dibuka langsung oleh Ketua Program Studi Teknik Informatika, A. Sidiq P., S.Kom., M.Eng., menghadirkan pakar dibidangnya yaitu Andri Johandri (Pakar Big Data dan Data Science Onno Center) serta Novan Hartadi (CEO Datains). Seminar nasional tersebut diikuti 400 peserta yang terdiri pihak institusi pendidikan, instansi pemerintah, praktisi IT, dan mahasiswa dari berbagai provinsi di Indonesia.

Andri Johandri dalam seminar tersebut memaparkan bagaimana Big Data yang memiliki volume data yang besar, baik data yang terstruktur maupun data yang tidak terstruktur bisa digunakan untuk berbagai lini bisnis. “Big Data telah digunakan dalam banyak bisnis, tidak hanya besar data yang menjadi poin utama tetapi apa yang harus dilakukan organisasi dengan data tersebut. Tetapi Big Data dapat dianalisis untuk wawasan yang mengarah pada pengambilan keputusan dan strategi bisnis yang lebih baik,” ungkapnya.

Sementara Novan Hartadi mempertegas kemudian bahwa Big Data pada saat ini pemanfaatannya sudah semakin luas. Misalnya saja ia menyoroti pemanfaatan data dari sosial media yang digabungkan dengan data suatu perusahaan seperti data penjualan atau data pelanggan yang sudah ada di relasional database.

“Big data dapat digunakan untuk analisis dalam melakukan strategi marketing yang jitu, misalnya dengan menganalisis orang-orang di sosial media yang berpengaruh untuk memasarkan produk, ini akan memaksimalkan penjualan sebuah produk,” terangnya.  

Pihak kampus UMBY melalui A. Sidiq P.  saat sambutan mengatakan bahwa pihaknya sebagai institusi perguruan tinggi merasa perlu menyelenggarakan seminar yang temannya cukup potensial untuk mahasiswa. Ia berharap, materi yang disampaikan mampu membuka pemahaman lebih mendalam terkait tantangan dan peluang yang bisa dimanfaatkan dalam era 4.0 saat ini.

“Kami sangat mengapresiasi kepada peserta yang jauh-jauh datang ke Yogya untuk mengikuti acara seminar ini, antara lain dari Universitas Muslim Indonesia (Makassar), STMIK PPKIA Tarakanita Rahmawati, dari Tarakan (Kalimantan Utara), Undiknas Denpasar (Bali) juga instansi pemerintah khususnya Pemerintah Kota Probolinggo, Klaten, Bantul, DIY, Boyolali, Gunung Kidul, Magelang maupun Salatiga. Harapannya jelas apa yang disampaikan hari ini bisa membawa manfaat bagi peserta,” tandasnya. 



Sumber : KR Jogja & Harian Merapi (18 Desember 2018)
http://krjogja.com/web/news/read/86146/UMBY_Ajak_Mahasiswa_Manfaatkan_Big_Data

Back ...

0 Response :

Isi Komentar :
Nama :
Email :
Website :
Komentar  
 
 Berapa hasil dari 39 x 47 ?