Sistem Penilaian Pegawai Menggunakan Metode Fuzzy Multiple Attribute Decision Making (FMADM) dan Weighted Product (WP)

JMAI (Jurnal Multimedia & Artificial Intelligence), Vol. 1, No. 1, 2017, ISSN : 2580259


Abstract :

Pegawai telah mengambil peranan penting dalam proses kinerja dan kemajuan suatu instansi. Apabila pegawai tidak dapat memenuhi peraturan yang berlaku yang sesuai kriteria dan kebutuhan instansi, maka proses kinerja dalam instansi akan terhambat. Mengingat pegawai mempunyai peranan penting dalam proses kinerja dalam sebuah instansi, maka tujuan dari penelitian ini adalah menentukan penilaian terhadap pegawai, sehingga sebuah instansi dapat mempertimbangkan apakah akan menegur atau memberhentikan kerja pegawai tersebut atau tidak.

Penelitian ini menggunakan 4 kriteria sebagai parameter penilaian, agar dapat membuat keputusan yang tepat dalam penelitian ini maka digunakan metode Fuzzy Multiple Attribute Decision Making (FMADM) dan Weighted Product (WP) dengan mencari penjumlahan terbobot dari rating kinerja pada setiap alternatif pada semua atribut.

Penilaian pegawai terbaik dilakukan menggunakan empat kriteria yaitu, kehadiran, kecepatan kerja, tanggung jawab, dan kerja sama. Dan dapat di simpulkan bahwa perhitungan menghasilkan perhitungan tertinggi menggunakan sistem yaitu 0.0782.

Sumber : http://jmai.mercubuana-yogya.ac.id/index.php/jmai/article/view/49

Full text : Download PDF  (41)

Back ...