PkM FTI UMBY Omah Tinom Jogja

Berbagi Ala UMBY, Berikan Pelatihan Website di Tempat Usaha

BANTUL, AYOYOGYA.COM – Pandemi Covid 19 yang melanda dunia menyebabkan semua aktivitas masyarakat terhambat. Terlebih pemberlakuan kebijakan pemerintah terkait Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

PPKM menyebabkan banyak usaha menjadi terhenti. Prihatin dengan kondisi ini segenap dosen Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) melaksanakan program Pengabdian kepada Masyarakat (PKM).

Menariknya lagi program PKM dilakukan dengan pembuatan dan pelatihan website Omah Tinom Jogja.

Ketua Tim program PKM dari Fakultas Teknologi Informasi (FTI) UMBY, Indah Susilawati, S.T., M.Eng menuturkan FTI UMBY berinisiatif membantu menyediakan media berbasis teknologi informasi berupa website untuk memperkenalkan Omah Tinom Jogja kepada masyarakat luas, sehingga bisa diakses dari mana saja tanpa harus berkerumun melanggar aturan PPKM.

Website Omah Tinom imbuhnya sudah dapat diakses. Adapun profil dan website ini digunakan sebagai media promosi untuk membantu pemasaran Omah Tinom Jogja, baik resto, homestay, maupun persewaan joglo.”

“Dengan pembuatan dan pelatihan ini, diharapkan nantinya staf yang akan bertugas sebagai admin pengelola website dapat melakukan update informasi relevan secara berkala, sehingga dapat menarik perhatian konsumen dari dalam maupun luar kota Yogyakarta.” imbuhnya lagi.

Diastutiningsih selaku pihak perwakilan manajemen menyampaikan Omah Tinom Jogja merupakan perluasan usaha persewaan Joglo Tinom dan resmi dibuka pada 21 Desember 2020.

Saat ini, selain persewaan joglo, Omah Tinom Jogja juga membuka resto dan homestay.
“Namun karena kondisi pandemi yang berkepanjangan dan disusul PPKM, kegiatan grand opening Omah Tinom Jogja yang diharapkan menjadi media perkenalan ke masyarakat juga terkendala.” keluh Diastutiningsih

Tim PKM FTI UMBY beranggotakan Imam Suharjo, S.T., M.Eng, dan Putry Wahyu Setyaningsih, S.Kom.,M.Kom dan dua mahasiswa Pranto Suwarno dan Fahrul Advis Kafilahudin.

Sumber :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *