Pelepasan_project_aplikom

FTI Melepas 31 Mahasiswa Dalam Projek Aplikasi Teknologi Informasi

Sejumlah 31 mahasiswa  Program Studi Teknik Informatika dan Program Sistem Informasi dilepas ke sejumlah SMA/SMK/MA di Kodya Yogyakarta, Kabupaten Sleman, Kabupaten Bantul, Kabupaten Gunung Kidul, Kabupaten Kulon Progo, Kabupaten Klaten. Projek aplikasi teknologi informasi ini dimulai tanggal  2 Juni 2012 dan  berakhir 10 Agustus 2012. Latar belakang projek ini yaitu bahwa di masyarakat modul-modul perangkat keras maupun lunak teknologi informasi masih sangat dibutuhkan sebagai alat bantu dalam menyelesaikan  tugas-tugas rutin termasuk salah satunya dilingkungan masyarakat sekolah menengah tingkat atas. Hal tersebut disadari oleh Fakultas Teknologi Informasi  Universitas Mercu Buana Yogyakarta untuk melakukan implementasikan teknologi informasi dimasyarakat yang dikemas dalam “Aplikasi Komputer II” yang berbasis open source. Dikatakan oleh Supatman, S.T., M.T. (Dekan Fakultas Teknologi Informasi – UMB Yogyakarta) bahwa maksud dan tujuan dari Projek Aplikom II ini adalah :

  1. Sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat dari Fakultas Teknologi  Informasi  yang diharapkan dapat meringankan pihak-pihak yang membutuhkan dalam meningkatkan kinerja administrasi dan dokumentasi institusi.
  2. Mahasiswa dapat memahami problema teknologi informasi yang ada di lingkungan masyarakat, mampu menganalisa, mampu menyelesaikan, mendesain solusi secara akademik dan diimplementasikan serta dievaluasi manfaatnya.

Dari projek aplikasi teknologi informasi ini mahasiswa diharapkan memiliki kompentensi dalam menyelesaikan masalah-masalah yang dihadapi masyarakat yang terkait dengan teknologi  informasi sesuai kebutuhan masing-masing institusi. Hasil akhir dari projek aplikasi teknologi informasi periode ke III ini adalah perangkat lunak sistem bantu administrasi yang dilengkapi dengan cetak biru dan manual dari sistem informasi sesuai topik mahasiswa pada masing-masing institusi.
Sumber : Humas FTI – Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *