pendampingan master plan it smk maarif 1 temon

FTI UMBY Dampingi Pengembangan Master Plan IT Di SMK Ma’arif 1 Temon

Yogyakarta, dndsandyra.com – Dengan pesatnya kemajuan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dalam kehidupan kita sehari-hari. Apalagi di lembaga pendidikan seperti SMK, keterlibatan teknologi informasi dalam kehidupan sehari-hari tidak akan dapat dielakkan.

Sehingga perlu perencanaan matang terkait pengembangan Information Technology (IT), agar nantinya pemanfaatan IT dapat lebih dimaksimalkan untuk menunjang proses pembelajaran dan pengelolaan IT di SMK Maarif 1 Temon.

Hal tersebut mendorong Anief Fauzan Rozi, S.Kom., M.Eng., MCE. dan A. Sidiq Purnomo, S.Kom., M.Eng., MCE., yang merupakan dosen Fakultas Teknologi Informasi Universitas Mercu Buana Yogyakarta (FTI UMBY), melakukan pengabdian masyarakat dengan melakukan pendampingan pengembangan master plan IT di SMK Ma’arif 1 Temon.
Master Plan pengembangan IT merupakan sebuah dokumen perencanaan yang dibuat oleh unit/divisi Teknologi Informasi suatu institusi/instansi/perusahaan sebagai panduan jangka panjang terkait inisiatif proyek, anggaran, kepegawaian, dan inisiatif terkait strategi IT lainnya dalam mendukung pencapaian visi dan misi institusi/instansi/perusahaan.

Dengan adanya Master Plan IT, berarti perancangaan pengembangan IT kedepannya sudah matang, sehingga nantinya proyek dan investasi IT yang akan dilakukan menjadi lebih efektif dan efisien untuk mencapai tujuan utama institusi/instansi/perusahaan.

Kegiatan pendampingan dilaksakan secara daring menggunakan aplikasi Zoom pada hari Rabu (22/09/21), dan berlangsung dari pukul 10.00 sampai 12.00 WIB.

Kegiatan diawali dengan penjelasan konsep awal pembangunan portal SMK Ma’arif 1 Temon oleh A. Sidiq Purnomo, dan dilanjutkan dengan pemaparan rencana penataan master plan IT beberapa tahun ke depan oleh Anief Fauzan Rozi.

Pihak sekolah sangat antusias sekali dengan kegiatan ini. Seperti disampaikan oleh Uji Wardoyo, S.Kom., selaku guru dan pengelola IT di SMK Ma’arif 1 Temon, “bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat dan sesuai dengan kebutuhan kami di sekolah. Selama ini website dan tata kelola IT di SMK Ma’arif 1 Temon masih terbengkelai, sehingga nantinya dapat memaksimalkan penggunaan IT dalam pengelolaan sekolah.”

“Pihak sekolah juga akan selalu siap untuk membantu civitas academica UMBY untuk melakukan program pendidikanpenelitian, maupun pengabdian masyarakat.” tambah Yudwi Antoro Wibowo, S.Si.

“Melalui pendampingan ini diharapkan nantinya pengelolaan IT di SMK Ma’arif 1 Temon dapat lebih terarah dan lebih matang. Sehingga nantinya penggunaan IT dapat mengakomodasi seluruh kegiatan yang ada di SMK Ma’arif 1 Temon.” Ujar Anief Fauzan Rozi.

Source : dndsandyra.com
Editor : Widarta

Sumber : https://dndsandyra.com/fti-umby-dampingi-pengembangan-master-plan-it-di-smk-maarif-1-temon

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *