Informatika UMBY Sosialisasikan Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka Ke Mahasiswa

Yogyakarta, dndsandyra.com – Dalam rangka memberikan bekal dan menyamakan persepsi kepada mahasiswa tentang pelaksanaan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), maka pada Sabtu (28 Agustus 2021) melalui google meet, Program Studi Informatika Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) melakukan “Sosialisasi Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka”.

MBKM merupakan program unggulan yang dicetuskan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan pada 2019.

Sehubungan dengan MBKM tersebut, Mutaqin Akbar, S.Kom., M.T., MCE., selaku Kepala Program Studi Informatika mengemukakan “Perguruan Tinggi (PT) wajib memberikan hak bagi mahasiswa untuk secara sukarela (dapat diambil atau tidak): Dapat mengambil SKS di luar PT sebanyak 2 semester (setara dengan 40 SKS). Ditambah lagi, dapat mengambil sks di prodi yang berbeda di PT yang sama sebanyak 1 semester (setara dengan 20 sks)”.

Struktur kurikulum di Program Studi Informatika UMBY terdiri dari 129 SKS Matakuliah Wajib, 20-40 SKS Pembelajaran diluar Program Studi/Perguruan Tinggi (MBKM), dan disediakan 41 SKS Mata Kuliah Pilihan.

Selanjutnya selama menempuh pendidikan di Program Studi Informatika UMBY, jumlah SKS yang harus ditempuh minimum berjumlah 144 SKS dan maksimum 160 SKS.

Adapun bidang MBKM atau kegiatan mahasiswa yang dapat dilaksanakan di luar kampus, yang diakomodir oleh Program Studi Informatika UMBY ada 2 kegiatan yaitu : 1) Magang/praktik kerja, dan 2) Studi/proyek independen.

Dalam sosialisasi ini juga dijelaskan mengenai Skripsi dan Praktik Kerja. Dalam memilih topik Skripsi, mahasiswa diminta untuk menyesuaikan dengan minat studi yang terdapat di Program Studi Informatika, yaitu Rekayasa Perangkat Lunak Cerdas dan Jaringan Komputer.

Untuk mendukung kegiatan magang/praktik kerja, Program Studi Informatika UMBY juga sudah berkolaborasi dengan berbagai penggiat industri sebagai penyedia tempat untuk Magang/praktik kerja, seperti HackLab (PT. Hamparan Cipta Karyatama), eCampuz (PT. Solusi Kampus Indonesia), dan lain-lain. Hal ini dilakukan untuk memudahkan mahasiswa yang akan melakukan Magang/praktik kerja.

Tahapan-tahapan tersebut disampaikan dalam sosialisasi ini, agar tidak menghambat mahasiswa selama melaksanakan perkuliahan dan lulus tepat waktu nantinya.

Source : dndsandyra.com
Penulis : Widarta

Sumber : https://dndsandyra.com/informatika-umby-sosialisasikan-kurikulum-merdeka-belajar-kampus-merdeka-ke-mahasiswa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *