webinar skpi ecampuz

Webinar eCampuz Series “SKPI Sebagai Tiket Berkarir IT Profesional”

Yogyakarta, dndsandyra.com – Saat ini selain ijazah, lulusan harus memiliki Surat Keterangan Pendamping Ijazah (SKPI) yang sesuai standar Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) jika ingin berkarir sebagai IT Profesional.

SKPI atau biasa disebut sebagai Diploma Supplement, merupakan surat pernyataan resmi yang dikeluarkan oleh Perguruan Tinggi, yang berisi informasi tentang pencapaian akademik atau kualifikasi dari lulusan pendidikan tinggi. Kualifikasi lulusan diuraikan dalam bentuk narasi deskriptif yang menyatakan capaian pembelajaran lulusan pada jenjang KKNI yang relevan, dalam suatu format standar yang mudah dipahami.

Dalam capaian pembelajaran akan dibahas mengenai kemampuan dalam persaingan kerja, kemampuan dan pengetahuan, dan juga kemampuan sikap yang harus dimiliki oleh lulusan. Hal ini akan mempermudah dapat membantu para perekrut kerja (HRD perusahaan) dalam menyeleksi tenaga kerja.

Secara sederhana, SKPI merupakan rekam jejak mahasiswa saat menjalani perkuliahan dan menjadi dokumen pendukung semua prestasi dan sertifikasi yang dicantumkan di Curriculum Vitae (CV).

Untuk membantu pemahaman mengenai pentingnya SKPI tersebut, maka pada hari Jumat (27 Agustus 2021) TIM eCampuz mengadakan webinar dengan tajuk “SKPI Sebagai Tiket Berkarir IT Profesional” yang dibawakan oleh pemateri Anief Fauzan Rozi, S.Kom., M.Eng., MCE., seorang Dosen di Program Studi Sistem Informasi Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

Acara tersebut ini dihadiri oleh sekitar 95 peserta dan berlangsung selama 2 jam tepatnya pada pukul 14.00 – 16.00 WIB melalui Zoom Video Conference serta ditayangkan dalam channel Youtube eCampuz Official. Acara webinar diawali dengan penjelasan mengenai apa itu SKPI, pentingnya SKPI dan bagaimana cara memperoleh SKPI.

Administrasi lengkap, action nya juga nyata.

Anief Fauzan Rozi dalam webinar tersebut menekankan pada pentingnya SKPI bagi lulusan saat ini, apalagi jika ingin berkarir di perusahaan nantinya.

“Sangat disarankan bagi mahasiswa untuk terus meningkatkan kemampuan dan kompetensi serta prestasinya. Jadi, selain mengikuti perkuliahan dengan baik dan meraih nilai maksimal, mahasiswa juga harus membekali diri dengan pelatihan, seminar atau workshop baik itu yang sesuai atau yang dapat mendukung bidang keilmuannya” ungkapnya.

Source : dndsandyra.com
Penulis : Widarta

Sumber :

Video

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *